Gencarkan Pasar Asia, Kapal Pertamina Disewakan ke Petronas

Gencarkan Pasar Asia, Kapal Pertamina Disewakan ke Petronas

Jakarta, CNBC Indonesia – PT Pertamina International Shipping (PIS) melalui anak usaha berbasis di Singapura Pertamina International Shipping Pte Ltd (PISPL) menyewakan kapal MT Sanggau kepada Petco Trading Labuan Company Limited (PTLCL), anak usaha Petronas Group Malaysia.

Penyewaan kapal ini dilakukan secara time charter melalui kapal MT Sanggau. Sebelumnya, kapal MT Erawan 10 yang dikendalikan oleh PISPL juga berhasil dikomersialisasikan ke PTLCL secara time charter, serta kapal-kapal lain yang disewakan secara voyage charter ke PTLCL.

Arief Sukmara, Corporate Secretary PIS, mengatakan ini merupakan bentuk perusahaan untuk terus berekspansi dan ke depannya akan terus mencari peluang kerja sama baru untuk menjangkau pasar global.

“Kami akan terus berekspansi dan mencari peluang-peluang kerjasama baru dalam rangka memperluas pasar di global market,” tutur Arief, seperti dikutip dari keterangan resmi perusahaan, Kamis (12/08/2021).

Dia mengatakan, kerja sama sewa kapal MT Sanggau dengan Petco merupakan bentuk kepercayaan yang diberikan oleh Petco sebagai salah satu perusahaan besar dan bereputasi di Asia.

“Keberhasilan ini merupakan suatu kebanggaan bagi PIS dan Pertamina di mana salah satu aset milik Pertamina Group yaitu kapal MT Sanggau saat ini terbukti mampu berlayar di perairan internasional dan disewa oleh international and reputable Charterer,” tuturnya.

Kapal MT Sanggau merupakan kapal berjenis Dirty Petroleum Product (DPP) ukuran Medium Range (MR) Tanker dengan bobot mati 40.648 MT yang dibangun pada 2016. Kapal berbendera Indonesia ini dikelola sendiri oleh PT PIS di mana seluruh awak kapal adalah kru berkebangsaan Indonesia di bawah komando Capt. Steven Octavianus.

Kapal MT Sanggau telah beberapa kali mendapat kepercayaan untuk disewa oleh penyewa internasional diantaranya dengan Karpowership, Freepoint Commodities, Posco International Corporation, dan Vitol Asia untuk angkutan fuel oil/ dpp dari Cilacap ke Tg. Pelepas Malaysia dan dari Singapore ke Chittagong, Bangladesh.

Sebelum dikirimkan kepada Petco, kapal MT Sanggau melayani voyage charter untuk Petco dengan tujuan untuk mengetahui kinerja kapal secara keseluruhan. Voyage charter dilakukan dengan rute loading port di Kertih dan discharge port di Melaka dan Singapore untuk angkutan Low Sulphur Waxy Residue (LSWR) Fuel Oil sebesar 18.415 KL dan High Sulphur Fuel Oil (HSFO) sebesar 15.862 KL.

Sebagai salah satu perusahaan migas besar di dunia, Petronas menerapkan standar keselamatan dan kualitas operasional yang tinggi seperti pemenuhan standar Ship Inspection Report Programme (SIRE) Petronas. Inspeksi SIRE atas kapal MT Sanggau dilaksanakan oleh MISC Maritime Service Sdn Bhd (MMS) untuk memastikan kesesuaian dokumen dan sertifikat kapal serta survey teknis pada sistem kargo kapal, ruang mesin, peralatan navigasi, sistem pemadam kebakaran dan peralatan keselamatan yang dilakukan oleh tenaga ahli bersertifikat khusus.

Terbitnya SIRE approval dari Petronas merupakan wujud nyata kualitas kapal MT Sanggau atas standar dan persyaratan yang berlaku di industri perkapalan internasional.

Melalui kerja sama yang telah dibangun dengan Petco ini, menurutnya PIS berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan melalui service excellence dan safe operation, serta meningkatkan penetrasi pasar di regional dalam rangka menjadikan PIS sebagai the Integrated Marine Logistic Company.

“Kerja sama ini merupakan bentuk pengakuan international customer terhadap kualitas layanan PIS,” tandasnya.

Petco Trading Labuan Company Limited (PTLC) adalah perusahaan trading Petronas yang fokus bisnisnya adalah untuk niaga komoditas minyak mentah, produk kilang, dan gas. Saat ini Petco juga mengendalikan bisnis logistics and chartering untuk suplai ke terminal coastal Malaysia yang dikendalikan di bawah group Petronas, diantaranya Kertih, Pengerang, Melaka, dan Sepangar Bay di Sabah, Malaysia. Petco juga berperan aktif di dalam trading minyak mentah, produk kilang, dan gas ke 3rd party receiver di Asia dan Eropa serta mengendalikan bisnis bahan bakar minyak di laut mediterania.

 

Oleh: Wilda Asmarini

Source: https://www.cnbcindonesia.com/news/20210812094147-4-267871/gencarkan-pasar-asia-kapal-pertamina-disewakan-ke-petronas